Selasa, Mei 03, 2016

Mudah-mudahan Jadi Awal Yang Baik

Seperti judulnya, mudah-mudahan tulisan ini menjadi awal yang baik ke depannya. Awal yang baik untuk blog diary ini supaya bisa lebih banyak menampung tulisan-tulisan pengalaman gue. Bukannya apa-apa, gue cuma ingin kembali membiasakan diri berlatih untuk bisa lebih rajin menulis. Menulis apapun itu. Karena gue sadar, jam terbang yang gue punya sampai sekarang masih sangatlah cetek alias dangkal, bahkan bisa dibilang masih dalam kelas 'iseng-iseng'.

Maka dari itu semoga lewat media ini, gue ingin kembali berlatih. Rasanya seperti balik lagi ke titik nol untuk ke sekian kalinya. Memang penyesalan selalu datang di akhir. Gue kadang berpikir, kalau saja dari dulu gue rajin latihan tiap hari buat nulis, nulis apa aja, mungkin sekarang gue udah punya sesuatu yang bisa ditunjukin ke orang-orang, sambil bilang "ini lho karya gue". Ah, tapi masih saja itu jadi sebuah khayalan, belum bisa gue realisasikan sampai saat ini.

Perlu waktu lama buat gue sadar tentang sebenarnya apa yang salah, hingga impian gue buat setidaknya mempunyai satu buku sampai saat ini masih belum terealisasi. Hingga akhirnya gue temukan jawabannya. Gak punya target. Ya itu dia, selama ini gue sama sekali gak punya target ingin menghasilkan apa dalam jangka waktu berapa lama. Semua hanya mengawang-ngawang di atas kepala, lalu hilang dan lupa. Lalu ingat lagi, hilang lagi, tanpa pernah serius dalam hal eksekusi. Padahal sebenarnya gue ngerasa banyak sekali ide yang berseliweran di otak buat bisa gue tulis.

Dan saatnya kini buat gue berkata. SUDAH CUKUP.!! Sudah cukup main-mainnya. Sudah terlalu lama dalam awang-awang, sudah terlalu banyak waktu yang terbuang percuma tanpa hasilkan apa-apa. Gue mau produktif dalam bidang yang gue sukai, walau dengan jatah waktu yang tidak lama setiap harinya.

Impian itu muncul sudah dari beberapa tahun yang lalu. Impian buat bisa nerbitin buku karya sendiri. Gak muluk-muluk untuk diterima di penerbit mayor, buat gue di penerbit Self Publishing aja sudah cukup, karena memang pasti terbit, tinggal kita punya bahannya atau enggak. Ya.. tapi kayak gue bilang tadi, ingin cuma jadi sekadar ingin jika gak ada usaha buat bikin itu jadi nyata.

Gue nulis ini karena sedikit tersadarkan setelah membaca buku karya pak Much. Khoiri yang berjudul Rahasia Top Menulis. Yang mana isi di dalamnya yang paling mengena adalah anjuran agar kita bisa selalu melatih kemampuan menulis yang kita punya. Caranya adalah dengan menulis setiap hari. Untuk tahap pemula atau latihan, tulislah apa saja.

Paling mudah pastinya menulis pengalaman, karena tidak perlu banyak riset ini itu untuk membuatnya. Menulis pengalaman, anak kecilpun bisa, kan. Selagi ada kemauan. Masih ingat kan bagaimana saat kita dikasih tugas mengarang pengalaman saat SD dulu. Kita bisa dengan lancar dan polosnya menuliskan pengalaman tanpa dibebani oleh rasa perfeksionis harus menghasilkan tulisan bagus secara tata bahasa dan penyusunan kalimat. Mengalir seperti air sungai.

Oke intinya mulai sekarang gue mau bikin komitmen pada diri sendiri untuk bisa nulis apa saja setiap hari. Gak ada cara lain soalnya buat bisa jadi expert selain dengan berlatih dan terus berlatih menambah jam terbang. Tak terkecuali dengan menulis. Jika ingin jadi penulis andal, tulislah yang banyak. Jangan dulu berfokus pada kualitas, yang penting kuantitas dulu. Jumlahnya dulu yang dibanyakin, soal kualitas nanti akan menyusul dengan sendirinya.

Semoga bisa istiqamah. Gue percaya menulis itu punya banyak dampak positif. Bukan cuma buat diri sendiri, tapi juga buat orang lain yang membaca. Buat diri sendiri itu jelas, dengan menulis kita bisa menjaring banyak sekali pengetahuan, dan otak kita terus dipaksa berkreatif setiap harinya sehingga tidak butek.

Orang-orang hebat di dunia, mereka menuliskan apa yang mereka tahu dan mereka alami ke dalam sebuah tulisan / buku. Menulis itu membangun kebudayaan. Dan sudah barang tentu, perjalanan seribu mil diawali dari satu langkah pertama. Berani memulai dan berani menyelesaikan apa yang sudah dimulai. Bereskan.

00:12 - 03/05/2016