Rabu, Juni 17, 2015

Edisi Ramadhan : Baru

Sudah wataknya manusia manapun pasti menyenangi segala sesuatu yang baru, pakaian baru, gadget baru, kendaraan baru, rumah baru, istri baru, suami baru (lha..yang lama dikemanain). Intinya yang baru-baru pasti semua orang suka dan selalu berhasrat untuk memilikinya. Bicara soal yang baru-baru, mulai hari esok sampai sebulan ke depan kita juga akan menempuh berbagai kebiasaan-kebiasaan baru nih, karena besok udah masuk bulan puasa kan. Yang biasanya pagi sarapan cikopday (ci kopi ngalegeday) mulai besok dan sebulan ke depan udah gak boleh tuh begitu. Dan kebiasaan-kebiasaan baru lainnya. Ya intinya terkait proses ibadah puasa kita lah.

Dan salah satu hal baru yang bakal kita temuin di bulan Ramadhan adalah Shalat Tarawih. Malam ini adalah malam pertama kita melaksanakan Shalat Tarawih. Nah, di sini saya mau share dikit tentang Shalat Tarawih di malam pertama Ramadan ini. Tidak ada yang spesial sih sepertinya, tapi saya rasa ini menjadi layak dan patut untuk diperbincangkan, karena buat saya sendiri ini adalah Shalat Tarawih pertama di Kota baru, Tangerang.

Tarawih. Kalo orang sunda nyebutnya "Taraweh". Biasanya makna sebenarnya dari taraweh akan terkuak jika mulai memasuki pertengahan puasa. Kenapa demikian?? karena taraweh jadi bermakna "tara sawareh" (orang sunda pasti tau artinya). hehe. Ya biasanya kalo udah masuk pertengahan puasa, jumlah jemaah shalat Tarawih makin berkurang, hanya sebagian saja yang tetap tekun dan rajin konsisten menjalankan shalat tarawih. Sebagian lainnya gak tau kemana. Biasanya sih begitu, ya gak??

Adapun saya barusan menunaikan shalat tarawih di Mesjid Raya Arroyan, Tangerang. Seperti yang saya sebut tadi, ini adalah Ramadan pertama saya di Tangerang. Menjalani bulan Ramadan di kota orang lain sudah bukan hal asing lagi bagi saya, karena 4 kali ramadhan yang kemarin selalu saya lewati jauh dari orang tua di perantauan. Terakhir kali saya puasa Ramadhan bareng orang tua di kampung adalah waktu kelas 2 SMK.

Oke kembali ke laptop, soal Tarawih di Mesjid Raya Arroyan tadi. Namanya mesjid Raya biasanya gede ya. Iya benar, mesjid ini cukup luas dan nyaman, namun untuk bagian luarnya masih dalam proses renovasi sehingga banyak debu-debu berterbangan di sekeliling luaran mesjid. Jarak mesjid ini dari tempat saya tinggal cukup jauh (tapi gak jauh-jauh juga sih), jalan kaki 15 menitan lah. Sebenarnya ada mesjid yang lebih dekat, namun teman saya yang menganjurkan buat Tarawih di Mesjid Raya aja, rokaatnya sedikit, jadi cepet pulangnya + juga banyak hariim cakepnya katanya. Yaelah.. :) Oh ya..saya berangkat sama tetangga yang belum lama dikenal, namanya Asep orang Pandeglang. Lebih lanjut si Asep ini melanjutkan soal kenapa lebih memilih Tarawih di Mesjid Raya, yaitu karena jarak mesjidnya lebih jauh, dan kalau jaraknya jauh, pahalanya jadi jauh lebih gede, bisa berlipat-lipat malahan, double / triple, bisa buat stock biar besok gak usah tarawih.. haha.. Dikiranya tarawih kayak beli beras kali ya, kalo lebih bisa buat stok..wkwk.

Oke singkat cerita kita sampai di Mesjid itu tepat sebelum waktu Isya masuk. Jumlah jamaahnya banyak bejibun. Semakin masuk waktu iqamah, mesjid pun kian penuh dengan para jamaah. Dalam hati saya bersyukur masih bisa menjalankan Shalat Isya dan  Tarawih berjamaah dengan suasana seperti itu, rasanya adeeem banget. Dan seperti prosesi Tarawih kebnyakan, setelah shalat isya berjamaah, diteruskan ceramah, barulah mulai Shalat Tarawihnya. Benar saja kata si Asep, rakaat tarawihnya ngambil yang 11 rakaat (plus witir 3 rakaat), udah gitu imamnya juga lumayan cepet bacain tiap bacaan shalatnya. Alhasil jadi serasa cepet banget shalat tarawihnya, kira-kira jam 8 kurang udah beres. Setelah bedoa wirid bakda tarawih dan niat puasa buat esok, kita pun pulang.

Hmmm...gak ada yang spesial ya. Kan udah dibilangin dari awal.. :D . Dan malam besok dan seterusnya sepertinya saya akan lanjut Tarawih di mesjid Raya Arroyan. Semoga tetap diistiqamahkan dan dikonsistenkan saja. Mudah-mudahan bisa full tarawihnya. Amiin.

Oke..udah itu aja. Akhir kata Selamat Menunaikan Ibadah puasa buat kalian semuanyanyah.. Semoga ibadah kita semua di bulan Ramadhan ini lancar jaya. Amiin.. dan
Wassalamu alaikum